Pengertian dan Sejarah Atletik Lengkap

62279 views

Pengertian dan Sejarah Atletik | olahraga.biz.id – Atletik adalah sebuah cabang olahraga yang cukup populer di dunia. Olahraga ini terdiri dari berbagai sub cabang olahraga yang dikelompokan dalam beberapa sub olahraga yaitu lari, lempar dan lompat. Kali ini olahraga.biz.id akan mengajak Sobat olahraga untuk mengenal pengertian dan sejarah atletik.

1. Pengertian Atletik

 Atletik adalah gabungan dari beberapa jenis olahraga yang secara garis besar dapat dikelompokkan menjadi lari, lempar, dan lompat. Kata  Atletik berasal dari bahasa Yunani “athlon” yang berarti “kontes”, pada awalnya olahraga atletik diadakan bertujuan untuk menunjukan siapa yang terkuat, tercepat dan tertinggi  (Portius, Altius dan Stius) dari yang lainya. Atletik merupakan cabang olahraga yang diperlombakan pada olimpiade pertama pada 776 SM. Atletik disebut juga sebagai Ibu dari olahraga lain nya (Mother Of Sport). Induk organisasi olahraga atletik di Indonesia adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia).

2. Sejarah Atletik

Yunani adalah bangsa pertama yang menyelenggarakan perlombaan olahraga Atletik. Atletik sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu “Athlos” artinya adalah Lomba. Pada waktu itu cabang olahraga atletik dikenal dengan pentahlon atau panca lomba dan decathlon atau dasa lomba.

Pada sebuah Buku Odysus karya dari Hemerun menjelaskan jika petualangan Odysus saat berkunjung ke kepulauan di sebelah selatan Yunani disambut oleh kepala suku dengan mengadakan upacara penyambutan. Diacara tersebut ada beberapa lomba yang diperlombakan seperti lompat, lari, lempar cakram, gulat dan tinju. Sedangkan pada tahun 776 SM bangsa Yunani mengadakan Olympiade. Dalam lomba tersebut pemenang adalah yang menjadi juara Petahlon.

Olympiade yang modern dilaksanakan atas usulan dari seorang berasal dari Perancis yang bernama Baron Peire Louherbin pada tahun 1896 di Athena, Yunani. Dalam ajang ini cabang atletik merupakan tambang medali yang menjadi perebutan.

Organisasi Olahraga Atletik Internasional terbentuk pada 17 Juli 1912 di Stockhom, Swedia. Pembentukan tersebut bersamaan dengan Olympiade ke-5, Organisasi tersebut bernama “International Amateur Athletic Federation” atau dapat disingkat dengan IAAF.

Sejarah Atletik di Indonesia mulai terbentuk pada 3 September 1950, pada tahun tersebut Indonesia mendirikan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia atau biasa disingkat dengan PASI.

3. Nomor Olahraga Atletik

Atletik bisa dibilang induknya olahraga, karena atletik memiliki banyak cabang. Cabang olahraga atletik tersebut dapat dikelompokan kedalam nomor lari, lempar dan lompat. Setelah kita mengetahui Pengertian dan Sejarah Atletik, dibawah ini kami sampaikan penjelasan singkat mengenai cabang-cabang olahraga ateltik.
Pengertian dan Sejarah Atletik

A. Lari

Pengertian Lari menurut kamus besar bahasa indonesi adalah Gerakan melangkah dengan kecepatan tinggi, akan tetapi lari sangatlah berbeda dengan melangkah dikarenakan ketika kita melakukan lari kaki tidak bersamaan menyentuh tanah seperti kita berjalan. dalam Olahraga Atletik lari menjadi salah satu Nomor yang dipertandingkan dan dibagi kedalam 3 (tiga) macam diantaranya :

1. Lari jarak pendek

a. putra: 100 m, 200 m, dan 400 m

b. putri; 100 m, 200 m, dan 400 m

2. Lari Jarak Menengah

a.  Putra : 800 m, 1500 m,, dan 3000 m (special Chose)

b.  Putri: 800 m, 1500 m, dan 3000 m

3. Lari jarak Jauh  Putra dan Putri 5000 dan 10000 m.

4. Lari Estafet

5. Lari Gawang

6. Lari Marathon Putra/Putri 42.195 m.

B. Lompat 

Lompat menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah Bergerak dengan mengangkat kaki yang diawali dengan awalan secara bersama sama, dalam atletik lompat dibagi kedalam beberapa cabang yaitu :

1. Lompat tinggi

2. Lompat Jauh.

3. Lompat Galah

4. dan Lompat Jangkit

Pada dasarnya dalam melakukan lompatan ini ada beberapa Teknik bagian yang sangat penting diantaranya adalah Teknik Awalan, tumpuan, Melayang dan ketika mendarat.

C. Lempar.

Pengertian Lempar Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah melontarkan jauh-jauh suatu benda.  Lempar termasuk kedalam nomor yang dipertandingkan dalam Atletik. ada dua jenis nomor lempar yang dipertandingkan dalam Atletik diantaranya Lempar Lembing dan Lempar Cakram. Perbedaan Lempar Lembing dan Lempar Cakram adalah pada benda yang dilemparkannya, untuk lempar Lembing alat yang digunakan adalah berupa tongkat yang tebuat dari bambu atau kayu dengan ujung yang runcing agar tongkat yang dilemparkan tersebut dapat menancap pada arena lemparan. Sedangkan lempar cakram  menggunakan alat yang terbuat dari karet berbentuk bundar pipih seperti pesawat UFO.

Demikian Sobat, pengertian atletik, sejarah atletik di dunia maupun sejarah atletik di Indonesia serta sekilas mengenai olahraga yang ada pada cabang atletik yaitu lari, lompat dan lempar. Semoga bermanfaat ya Sobat Olahraga. Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: