Pengertian dan Sejarah Lompat Jangkit

6016 views

Pengertian dan Sejarah Lompat Jangkit | Olahraga.Biz.Id – Salah satu nomor olahraga atletik adalah lompat jangkit. Olahraga Lompat jangkit ini disebut juga dengan triple jump,lompat jangkit juga sering disebut dengan hot, step and jump atau hot, skip and jump.

Olahraga Lompat Jangkit atau Triple Jump ini merupakan salah satu cabang olahraga atletik, sehingga olahraga lompat jangkit juga diawasi oleh induk olahraga atletik baik sekala internasional maupun nasional. Induk olahraga atletik nasional adalah PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), sedangkan induk olahraga atletik internasional adalah IAAF (International Amateur Atlhetic Federation). Baca selengkapnya : Nama Induk Olahraga nasional dan Internasional.

Lompat Jangkit

a. Pengertian Lompat Jangkit

Pengertian Lompat Jangkit adalah sebuah olahraga trek andfield (melibatkan jalur di lapangan), mirip dengan lompat jauh, tetapi melibatkan rutinitas “ jingkat (hop), langkah (step) dan melompat (jump)”, dimana pesaing berjalan menyusuri jalur dan melakukan satu jingkatan (hop), satu langkah (step) dan kemudian melompat (jump) ke dalam kotak pasir. Di dalam lompat jungkit sebenarnya terjadi tiga kali tolakan, tiga kali melayang di udara, dan tiga kali pendaratan. Jarak lompatan di ukur dari kumulatif ketiga gerakan lompat jangkit tersebut (hot-step-jump).

Pengertian dan sejarah lompat jangkit

Ilustrasi Lompat Jangkit | en.wikipedia.org

Menurut ketentuan dalam olahraga lompat jangkit ini, seorang atlet lompat jangkit harus melakukan tiga kali menumpu. Yaitu menumpu dua kali dengan kaki yang sama yang disebut step dan diakhiri dengan gerakan jump atau lompat. Hasil dari suatu lompatan sangat tegantung dari kecepatan horizontal dan kekuatan pada ketiga tahapan tumpuan tesebut. Jarak antara hop, step, jump bervariasi tergantung dari kecepatan, kekuatan, dan kelentukan otot. Sudut tumpuan yang tepat sangat membantu menjaga kecepatan.

Sama halnya dengan lompat jauh, atlet lompat jangkit junga menggunakan lari awalan  dengan tujuan untuk memperoleh kecepatan yang lebih besar yang dapat dikontrol selama fase jump.

b. Sejarah Lompat Jangkit

Belum ada sejarah tertulis yang menyebutkan asal muasal lompat jangkit. Namun dari wikipedia.org dapat diketahui bahwa sumber-sumber sejarah pada perlombaan olimpiade kuno menyebutkan adanya hasil lompatan yang mencapai 15 meter atau lebih. Para Sejarawan menyimpulkan bahwa hasil lompatan sejauh itu pasti merupakan hasil rangkaian dari beberapa lompatan yang menjadi dasar dari lompat jangkit. Namun hal ini tidak menjadi bukti adanya olahraga lompat jangkit dalam olimpiade kuno.

Olahraga Lompat Jangkit tercatat sebagai bagian dari Olimpiade perdana di Athena, walaupun teknik yang digunakan pada saat itu adalah dua hops di kaki yang sama, kemudian melompat. Fakta yang ada adalah juara pertama olahraga Lompat Jangkit pada olimpiade di Athena yaitu James Connolly adalah seorang triple jumper. Pada awal-awal Olimpiade merupakan tonggak awal adanya olahraga Lompat Jangkit, akan tetapi kemudian dihapus dari program olimpiade serta jarang dilakukan dalam kompetisi ini.

Pada tahun 1996, Lompat Jangkit untuk wanita diperkenalkan dalam Kompetisi Olimpiade di Atlanta.

Lompat Jangkit atau Triple Jump ini dalam Mitologi Irlandia disebut dengan geal-ruith yaitu sejenis perlombaan / games kuno yang diadakan di  Irlandia yang berawal pada tahun 1829 SM.

Baca Juga : Sejarah Atletik

Demikian Sobat Olahraga, sekilas mengenai pengertian olahraga lompat jangkit dan sejarah lompat jangkit yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat menambah wawasan olahraga kita.

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: