Pengertian dan Sejarah Loncat Indah

4041 views

Pengertian dan Sejarah Loncat Indah | Olahraga.Biz.Id – Mungkin kita sering melihat event atau pertandingan olahraga loncat indah. Namun apakah Sobat olahraga mengetahui mengenai sejarah loncat indah atau seluk beluk olahraga yang berada PBPRSI (Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia) ini?

Pada kesempatan ini kita akan mencoba mengenal olahraga loncat indah. Apakah loncat indah masuk kedalam olahraga atletik? Atau renang? Seperti kita tahu olahraga atletik terdiri dari beberapa cabang olahraga lari, lompat/loncat dan lempar. Namun jangan salah loncat indah tidak termasuk dalam kategori olahraga loncat ini loh Sob. Simak penjelasan dibawah ini

Pengertian dan Sejarah Loncat Indah

a. Pengertian Loncat Indah

Loncat Indah merupakan salah satu olahraga air. Perkembangan loncat indah di Indonesia memang belum begitu pesat, tapi dalam sebuah pertandingan, loncat indah termasuk cabang yang banyak digemari penonton. Olahraga ini berada dibawah naungan Pengurus Besar Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PBPRSI). Olahraga loncat indah dikenal dalam bahasa Inggris dengan sebutan Funcy Diving.

Pada dasarnya olahraga loncat indah merupakan penggabungan olahraga senam dan seni kelenturan tubuh yang dimainkan dari suatu ketinggian air. Aspek yang menjadi penilaian adalah keindahan dan ketepatan dari suatu gerakan. Gerakan-gerakan inilah yang menyerupai senam seperti salto kedepan, salto kebelakang, salto kontra, salto kedalam, skrup serta gabungan antara salto dan skrup.

b. Sejarah Loncat Indah

Menyelam kedalam air juga merupakan metode yang dilakukan oleh para pesenam di Jerman dan Swedia sejak awal abad ke 19. Soft landing diperbolehkan untuk mendapatkan prestasi yang lebih baik saat melakukan senam diudara yang bisa diperoleh dari hasil lompatan pada jarak yang jauh. Tradisi seperti ini disebut dengan “Funcy Diving”, ketika renang pada umumnya disebut dengan “plain diving”

Pengertian dan Sejarah Loncat Indah

Fancy Diving | image : http://footage.framepool.com

Di Inggris, praktik menyelam dari ketinggian menjadi populer. Pada tahun 1893, stage untuk funcy diving didirikan pertamakali di Highgate Ponds dengan ketinggian mencapai 15 kaki. Dan kejuaraan dunia pertama yaitu National Graceful Diving Competition diadakan disana, yang diselenggarakan oleh Royal Life Saving Society di tahun 1895. Acara ini terdiri dari berdiri dan berjalan penyelaman baik dari 15 atau 30 kaki.

Pada acara inilah tradisi Swedia fancy diving diperkenalkan sebagai salah satu olahraga oleh atlet Otto Hagborg dan C F Mauritzi. Mereka menunjukkan teknik akrobatik mereka dari papan setinggi 10 m kemudian menyelam di kolam Highgate. Pertunjukan ini kemudian merangsang pembentukan Asosiasi Diving Amatir (Amateur Diving Association)  pada tahun 1901, adalah merupakan organisasi pertama yang ditujukan untuk fancy diving di dunia (kemudian digabung dengan Asosiasi Renang Amatir)

Plain Diving telah diperkenalkan pada olimpiade pada tahun 1904. Pada tahun 1908, fancy diving mulai diperkenalkan di olimpiade yang diselenggarakan di London, dan dikenalkan pula papan elastik. Pada tahun 1912 di Olimpiade di Stockholm, atlet wanita diizikan untuk berpartisipasi dalam kejuaraan menyelam.

Kemudian pada tahun 1928, plain diving dan funcy diving digabung menjadi satu event ‘Highboard Diving’. Acara menyelam pertama kali diadakan di dalam ruangan di tahun 1934  bertempat di Kekaisaran Renang untuk British Empire Games dan Olimpiade Musim Panas 1948 di London.

c. Sejarah Loncat Indah di Indonesia

Loncat indah atau fancy diving pertamakali dipertandingkan di Indonesia pada PON III di Medan, tahun 1953. Peloncat indah yang terkenal pada tahun 1960-an adalah Lanny Gumulya yang menang dalam Asian Games ke -5 di Jakarta. Lalu adiknya Billy Gumulya menjuarai nomor papan 3 meter putra pada PON VII Surabaya tahun 1969.

Demikian Sobat olahraga, pengertian dan sejarah loncat indah yang bisa kami informasikan untuk Sobat semua. Semoga bermanfaat.

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: