Peraturan Lompat Galah Yang Harus Diketahui

2861 views

Peraturan Lompat Galah Yang Harus Diketahui | Olahraga.biz.id – Kemarin kita sudah mengenal pengertian lompat galah dan sejarah lompat galah. Seperti yang telah kita ketahui bahwa lompat galah adalah salah satu olahraga atletik, khususnya dalam nomor lompat selain lompat tinggi, lompat jauh dan lompat jungkit. Artikel kali ini, sakuilmu.net akan mengajak Sobat untuk mengenal ukuran lapangan lompat galah.

Pada kesempatan ini kita akan mengenal Peraturan Lompat Galah, terutama peraturan-peraturan dasar lompat galah yang terdiri dari Ukuran Lapangan Lompat Galah dan ukuran tongkat galah.

Peraturan Lompat Galah

a. Ukuran Lapangan Lompat Galah

Ukuran lapangan lompat galah dapat kita ketahui dari beberapa gambar dan penjelasan dibawah ini :

1. Gambar Lapangan Lompat Galah

Gambar Lapangan Lompat Galah

2. Ukuran Lapangan Lompat Galah

Lapangan lompat galah terdiri dari beberapa bagian, diantaranya adalah: lintasan lari, kotak tancap galah, tiang penyangga palang, dan bantalan untuk mendarat. Adapun ukuran lapangan lompat galah sebagaimana tersebut diatas dapat diketahui dari penjelasan dan gambar lapangan lompat galah dibawah ini :

  • Lintasan lari – area ini memiliki panjang sejauh 45 meter atau 147 ft 7 in dari titik awal hingga kotak tancap galah.
  • Kotak tancap galah – memiliki panjang 1 m – 1,084m, lebar 60cm. Dengan panjang daerah miring 80cm. untuk kedalaman bagian tancap adalah 20cm / 8 in.
  • Tiang penyangga palang – panjang palang 4,5m
  • Bantalan untuk mendarat – terbuat dari busa yang berukuran 5m x 5m

 Peraturan Lompat Galah

3. Ukuran Kotak Tancap Galah pada Olahraga Lompat Galah

Sebagaimana gambar skema ukuran lapangan lompat galah diatas, bahwa dalam olahraga lompat galah diperlukan suatu kotak untuk menancapkan galah, dimana berfungsi untuk menahan galah sehingga seorang atlet akan bisa melompat mencapai ketinggian yang maksimal. Adapun ukuran kotak tersebut adalah sebagai berikut :

  • Panjang = 1 m – 1,084m
  • Lebar bagian muka = 60 cm
  • Panjang daerah miring 80cm.
  • Lebar bagian belakang = 15 cm
  • Kedalaman bagian belakang = 20 cm
  • Dasarnya terbuat dari besi atau logam dengan lebar 2,5 mm.

b. Ukuran Tongkat Galah

Seorang atlet lompat galah akan mencapai lompatan tertinggi ketika teknik lompat dikuasai dengan baik. Teknik lompat galah tersebut tertumpu pada kecepatan, kelincahan dan kekuatan. Akan tetapi hal tersebut masih harus ditunjang oleh alat berupa tongkat galah. Tongkat lompat galah yang baik terbuat dari bahan fiber dengan kelenturan khusus yang disesuaikan dengan berat badan pelompat. Jika pelompat memiliki berat badan 60kg maka galah yang dipakainya khusus untuk kelenturan bagi berat 60 kg, apabila dipakai dengan berat atlet yang lebih dari 60 kg, tongkat tersebut dapat patah. demikian juga jika dipakai oleh pelompat dengan berat badan 50 kg, maka galah tidak akan melenting dengan optimal untuk membantu lompatan. Galah ini di gunakan hanya untuk lompat tinggi galah.

Adapun ukuran tongkat galah sebagai berikut :

  • Panjang bilah: sekitar 3,86 meter sampai dengan 4,52 m.
  • Berat: maksimum 2,26 kg.

Demikian Sobat Olahraga, informasi mengenai Peraturan Lompat Galah yang wajib kita ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan kita tentang olahraga lompat galah. Sampai jumpa pada artikel olahraga lainnya.

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: