Pengertian dan Sejarah Lompat Jauh

Tidak ada komentar 2776 views

Pengertian dan Sejarah Lompat Jauh  | www.Olahraga.Biz.Id – Beberapa cabang olahraga atletik yang telah kita ketahui antara lain cabang lari, lompat dan lempar. Pada kesempatan ini kita akan mengenal olahraga atletik khususnya nomor lompat yang lebih dikenal dengan nomor Lompat Jauh. Dan pada kesempatan perdana artikel atletik di nomor lompat ini, kita akan mengetahui mengenai sejarah lompat jauh.

Seperti halnya nomor olahraga atletik lainnya, nomor lompat jauh pun pada saat ini berada dalam naungan dan pengawasan induk organisasi atletik. Untuk Induk organisasi olahraga ateltik Nasional kita kenal PASI (Persatuan Atletik Seluruh Indonesia), sedangkan untuk Induk Organisasi Olahraga Atletik Internasional kita kenal IAAF (International Amateur Atlhetic Federation)

Baca Juga : Sejarah Atletik

 Pengertian Lompat Jauh

 Lompat jauh adalah suatu bentuk gerakan melompat mengangkat kaki ke atas-depan dalam upaya membawa titik berat badan selama mungkin di udara (melayang di udara) yang dilakukan dengan cepat dan dengan jalan melakukan tolakan pada satu kaki untuk mencapai jarak sejauh-jauhnya. Dalam bahasa inggris lompat jauh disebut dengan Long Jump.

Olahraga lompat jauh merupakan salah satu cabang olah raga atletik yang dilombakan baik untuk putra maupun putri. Sedangkan tujuan lompat jauh adalah melakukan lompat hingga dapat mencapai jarak sejauh-jauhnya. Untuk dapat mencapai hasil lompatan sejauh-jauhnya, seorang atlet harus dapat memadukan kecepatan, kekuatan dan keseimbangan.

Sejarah Lompat Jauh

Lompat jauh ternyata sudah ada sejak olympiade kuno di Yunani sekitar pada abad ke 13. Pada awalnya olah raga lompat jauh yang diadakan pada olympiade kuno ditujukan sebagai latihan perang. Munculnya olahraga lompat jauh pada awalnya adalah untuk melatih keterampilan prajurit dalam melompati rintangan seperti parit atau jurang.

Pada zaman itu teknik olahraga lompat jauh sangat berbeda dengan saat ini. Pada saat itu peserta lompat jauh hanya diperkenankan untuk melakukan start lari jarak pendek. Selain itu, peserta lompat jauh diharuskan berlari sambil membawa beban di kedua tangannya, yang dikenal dengan nama halteres dengan berat berkisar antara 1 sampai 4,5 kg.

Olahraga lompat jauh telah dianggap sebagai olahraga paling sulit sejak olympiade kuno, karena memerlukan banyak keahlian. Namun demikian menurut catatan yang ada bahwa seorang pria bernama Chionis, berhasil melakukan lompatan sejauh 7.05 metres (23 feet and 1.7 inches).

Sejarah Perkembangan Lompat Jauh

Pengertian dan Sejarah Lompat Jauh

Sejarah olahraga lompat jauh

Olahraga Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan pada olympiade modern sejak tahun 1986. Peraturan olahraga lompat jauh ini terus diperbaiki hingga seperti peraturan yang ada pada saat ini.

Dan pada tahun 1948, lompat jauh putri ditambahkan pada cabang olahraga di olympiade. Amerika Serikat pernah berjaya di cabang lompat jauh pada Olimpiade yang diadakan di Meksiko pada tahun 1968 dengan catatan rekor yang dilakukan oleh Bob Beamon dengan lompatan sejauh 8,90 meter. Kemudian rekor tersebut dapat dipecahkan oleh atlet asal Amerika Serikat bernama Mike Powell dengan lompatan sejauh 8,95 meter.

Demikian uraian singkat mengenai Pengertian dan Sejarah Lompat Jauh. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sakuilmu semua.

Referensi :

https://en.wikipedia.org/wiki/Long_jump

Loading...

Pencarian Terkait

author
Penulis: 

    Tinggalkan pesan "Pengertian dan Sejarah Lompat Jauh"