Ukuran Kolam Renang Standar Internasional

15761 views

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional dan Internasional | Olahraga.biz.id – Renang merupakan aktifitas olahraga yang banyak memiliki manfaat. Diantara manfaat renang tersebut adalah mengurangi obesitas serta meningkatkan daya tahan tubuh.

Untuk memperoleh manfaat renang secara maksimal, kita bisa melakukan olahraga ini dengan baik pada kolam renang yang baik pula. Seperti apakah kolam renang yang baik tersebut? Yaitu kolam renang yang memenuhi ketentuan atau standar, diantaranya adalah ukuran kolam renang tersebut.

Pada kesempatan ini kita akan mempelajari ukuran kolam renang yang berstandar nasional maupun ukuran kolam renang standar internasional lengkap dengan penjelasan dan gambarnya. Ukuran kolam renang ini merupakan ukuran kolam renang standar yang digunakan dalam event perlombaan (Olympic-size swimming pool)

Ukuran Kolam Renang Standar Nasional dan Internasional

a. Ukuran kolam renang standar nasional

Panjang kolam renang lintasan panjang adalah 50 m sementara lintasan pendek adalah 25 m. Dalam spesifikasi Federasi Renang Internasional untuk kolam ukuran Olimpiade ditetapkan panjang kolam 50 m dan lebar kolam 25 m. Kedalaman kolam minimum 1,35 meter, dimulai dari 1,0 m pertama lintasan hingga paling sedikit 6,0 m dihitung dari dinding kolam yang dilengkapi balok start. Kedalaman minimum di bagian lainnya adalah 1,0 m.

Lebar lintasan paling sedikit 2,5 m dengan jarak paling sedikit 0,2 m di luar lintasan pertama dan lintasan terakhir. Masing-masing lintasan dipisahkan dengan tali lintasan yang sama panjang dengan panjang lintasan.

Tali lintasan terdiri dari rangkaian pelampung berukuran kecil pada seutas tali yang panjangnya sama dengan panjang lintasan. Pelampung pada tali lintasan dapat berputar-putar bila terkena gelombang air. Tali lintasan dibedakan menurut warna: hijau untuk lintasan 1 dan 8, biru untuk lintasan 2, 3, 6, dan 7, dan kuning untuk lintasan 4 dan 5.

Berikut ini adalah ringkaan ukuran kolam renang dengan standar nasional yang telah digunakan oleh induk organisasi olahraga renang Indonesia (PRSI)

  • Panjang kolam : 50 m
  • Lebar kolam renang : 25 m
  • Kedalaman kolam Renang minimum : 2 meter
  • Lebar lintasan kolam renang : 2, 5 m
  • Jumlah Lintasan Kolam Renang : 8
  • Temperatur Air pada kolam renang : 25° C – 28° C

b. Ukuran kolam renang standar internasional

Dan berikut ini merupakan ukuran kolam renang standar internasional yang digunakan pada pertandingan berdasarkan ketetapan FINA (Federation Internationa de Natation Amateur)

  • Panjang kolam Renang : 50 m
  • Lebar kolam Renang : 25 m
  • Temperatur Air pada kolam renang : 25° C sampai 28° C
  • Lebar lintasan kolam renang : 2,5 m
  • Jumlah Lintasan Kolam Renang : 8
  • Kedalaman kolam minimum adalah 1,35 meter, dimulai dari 1,0 m pada lintasan pertama hingga paling sedikit 6,0 m dihitung dari dinding kolam renang yang dilengkapi dengan balok start. Kedalaman minimum pada bagian lainnya yaitu 1,0 m.
  • Jika dilakukan pada malam hari pencahayaannya adalah 1500 lumen

Berikut ini diagram sederhana dari kolam renang yang disyaratkan oleh FINA :

 

ukuran kolam renang

sumber gambar : https://en.wikipedia.org/wiki/Olympic-size_swimming_poo

Demikian Sobat Olahraga, ukuran kolam renang yang berlaku pada setiap perlombaan olympiade. Ukuran tersebut telah ditetapkan oleh FINA untuk dapat menjadi acuan bagi pelaksanaan pertandingan olahraga renang baik di Indonesia maupun di Dunia.

 

Referensi :

  1. wikipedia.org
  2. https://id.wikipedia.org/wiki/Renang_(olahraga)

Pencarian Terkait

Loading...
author
Penulis: