6 Teknik Dasar Passing Bola Basket

1433 views

6 Teknik Dasar Passing Bola Basket | Olahraga.Biz.Id – Dalam permainan bola basket kita akan mengenal istilah passing atau operan bola. Pada kesempatan yang lalu kita sudah mengenal istilah passing ini dalam posting mengenai 9 Teknik Dasar Permainan Bola Basket. Pada kesempatan ini, kita akan mengenal teknik dasar passing bola basket ini lebih dalam lagi.

Teknik dasar passing bola basket kali ini akan kami sertakan beserta penjelasan dan gambarnya. Namun sebelum kita masuk ke topik pembahasan utama mengenai teknik dasar passing bola basket ini, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu passing.

Passing dan Catching

Passing atau operan adalah memberikan bola ke kawan dalam permainan bola basket. Cara memegang bola basket adalah sikap tangan membentuk mangkok besar. Bola berada di antara kedua telapak tangan. Telapak tangan melekat di samping bola agak ke belakang, jari-jari terentang melekat pada bola. Ibu jari terletak dekat dengan badan di bagian belakang bola yang menghadap ke arah tengah depan. Kedua kaki membentuk kuda-kuda dengan salah satu kaki di depan. Badan sedikit condong ke depan dan lutut rileks.

Dalam menangkap bola (catching) harus diperhatikan agar bola berada dalam penguasaan. Bola dijemput telapak tangan dengan jari-jari tangan terentang dan pergelangan tangan rileks. Saat bola masuk di antara kedua telapak tangan, jari tangan segera melekat ke bola dan ditarik ke belakang atau mengikuti arah datangnya bola. Menangkap bola (catching ball) terdiri dari dua macam cara yaitu menangkap bola di atas kepala dan menangkap boka di depan dada.

teknik dasar passing bola basket

Istilah mengoper/melempar/mengumpan selalu berhubungan dengan menangkap (catching) atau menerima bola. Teknik passing bola basket pada umumnya dilakukan dengan 2 bahkan 1 tangan serta harus cepat, tepat dan keras, tetapi tidak liar sehingga dapat dikuasai oleh kawan yang menerimanya. Namun mengoper tidaklah semudah orang menduga. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengoper bola antara lain :

  1. Arah bola ke sasaran harus terhindar dari serobotan ( intercept) lawan.
  2. Timing harus tepat
  3. Perasaan (feeling)
  4. Hindari lemparan menyilang

Untuk dapat melakukan passing dengan baik, seorang pemain harus memahami beberapa gerak dasar passing bola basket. Pada kesempatan ini kita akan mengetahui teknik dasar passing bola basket tersebut satu persatu.

Teknik Dasar Passing Bola Basket

Berikut ini kami akan sampaikan 6 teknik dasar passing bola basket khusus untuk Sobat olahraga :

  1. Chest Pass (Operan Dada).

    Operan dada atau chest pass adalah salah satu jenis operan dasar dalam permainan bola basket. Adapun teknik dasar passing bola basket ini dilakukan dengan cara bola dipegang dengan kedua tangan ditahan ke depan dada dengan ujung jari kedua tangan, ibu jari harus berada di belakang bola dengan tangan dan ujung jari menyebar ke arah sisi bola. Posisi siku dekat tubuh, kemudian letakkan kaki pada posisi triple threat dengan tumpuan berat badan pada kaki yang belakang. Pindahkan berat badan ke depan ketika melangkah untuk melakukan operan.
    Pada saat melakukan tolakan untuk mengoper bola, luruskan lengan dan putar ibu jari ke bawah, sehingga tangan lurus dan diakhiri dengan sentakan pergelangan tangan (snap). Pandangan mata tetap kearah bola yang dioper dan arah bola harus lurus ke depan.

    operan dada pada permainan bola basket

  2. Bounce Pass (Operan Pantul)

    Bounce Pass atau Operan pantul dalam permainan bola basket dilakukan ketika pemain lawan berada diantara anda dan teman anda. dan target. Salah satu pilihannya agar bola diterima oleh anda, maka operan yang terbaik adalah dengan menggunakan operan pantul.
    operan pantul bola basket
    Operan pantul dapat memindahkan bola ke satu sayap pada akhir terobosan yang cepat atau pada pemain yang mendekati keranjang. Operan ini dapat digunakan dengan menggunakan satu tangan atau dua tangan. Adapun teknik dasar passing bola basket ini adalah kedua tangan atau salah satu tangan ditempatkan dibelakang bola, kemudian lepaskan bola kearah bawah. Bola menyentuh lantai kira-kira dua pertiga dari jarak arah si penerima sehingga bola dapat ditangkap saat setinggi pinggang. Memantulkan bola terlalu dekat pada diri sendiri, maka lambungannya akan tinggi dan pantulannya lambat sehingga akan mudah dipotong oleh lawan, tetapi memantulkan bola terlalu dekat dengan penerima akan membuat bola sulit direbut oleh lawan.

  3. Over Head Pass (Operan Diatas Kepala)

    Operan di atas kepala atau over head pass sering di pakai dalam permainan bola basket terutama pada saat pemain dijaga ketat dan bola harus melewati lawan, sehingga operan ini digunakan untuk melepaskan diri dan melakukan terobosan mengelakkan serangan lawan.
    Seperti pada waktu melakukan operan pantul, operan di atas kepala merupakan pilihan untuk mengumpan teman yang berada di low post. Gerak dasar passing bola basket yang satu ini dimulai dengan posisi badan yang seimbang, pegang bola di atas kepala dengan siku ke dalam dan berbentuk sudut 90 derajat. Jangan bawa bola ke belakang kepala, karena dalam posisi tersebut susah untuk melakukan operan dengan cepat, dan mudah di curi oleh lawan, kaki melangkah ke depan sasaran, kumpulkan kekuatan maksimal dngan bertumpu pada kaki, kemudian dilanjutkan dengan operan cepat. Pada saat melakukan gerakan lecutan, jari mengarah kepada target dan telapak tangan ke bawah.
    overhead-passTeknik Dasar Overhead Pass

  4. Baseball Pass (Operan Baseball)

    Operan baseball / Baseball pass dalam permainan bola basket sering dipakai oleh pemain yang berlari. Operan ini dilakukan dengan satu tangan, akan mempermudah mengoper untuk melakukan passing jarak jauh. Gerak dasar passing basket ini dimulai dengan posisi siap dengan salah satu kaki agak ke depan dan bola dipegang oleh satu tangan. Pada awalnya bola juga ditahan oleh tangan yang lainnya, yang tidak mengoper bola. Ketika berat badan berpindah ke belakang bola lalu diarahkan oleh kedua tangan tepat di belakang bahu dari sisi yang akan melempar. Pada saat akan mengoper, tangan yang melalukakn operan mengayun ke depan atas. Bola dilepaskan ketika tangan lurus ke depan.
    Baseball Pass

  5. Behind the back pass.
    Operan ini dianggap operan angan-angan, namun sekarang sudah menjadi senjata menyerang yang umum. Keunggulan umpan ini yaitu lawan tidak mengetahui sasaran yang ingin dituju. Teknik dasar passing basket ini dilakukan dengan mengoper bola basket melalui belakang tubuh dengan menggunakan satu tangan. Tentu saja hal ini akan mengelabui lawan, karena tidak mengetahui tujuan bola yang dioper.

    Behind The Back Pass

    Teknik Behind The Back Pass yang dilakukan oleh Pemain Basket Mike Taylor

  6. Jump Pass

    Jump Pass yaitu sebuah umpan yang diberikan oleh seorang pemain basket di mana seorang pemain melompat ke udara dan melempar bola ke rekan setimnya sebelum kembali ke tanah. Atau dengan kata lain jump pass merupakan operan yang dilakukan sambil melompat.
    Teknik dasar passing bola basket ini sangat tidak dianjurkan, karena biasanya akan terkena blok, tercuri, maupun salah passing yang mengakibatkan turnover.

    Demikian Sobat Olahraga 6 teknik dasar passing bola basket, semoga bermanfaat.

Pencarian Terkait

Loading...
Tag:
author
Penulis: