Macam-macam Posisi Pemain Bola Voli Serta Tugasnya

Macam-macam Posisi Pemain Bola Voli Serta Tugasnya

Posisi Pemain Bola Voli | Olahraga.biz.id – Permainan Bola voli dilakukan antara 2 grup / tim pemain dengan tujuan untuk memasukkan bola ke area lawan dan lawan tidak bisa menerima atau mengembalikan bola tersebut, sehingga mendapatkan poin.

Untuk mendapatkan point lebih banyak dari tim lawan, sebuah tim pemain bola voli harus tahu cara bermain bola voli dengan baik, serta harus mengetahui posisi dan tugas pemain bola voli.

Pada kesempatan ini kita akan mengenal macam-macam posisi pemain bola voli serta tugasnya dalam mengawal sebuah pertandingan bola voli sehingga bisa dimenangkan.

Bagi kita orang awam mungkin hanya pernah mengetahui ada istilah tosser atau smasher. Padahal tidak hanya itu istilah dalam bola voli tapi masih banyak lagi. Contoh seperti nama-nama posisi pemain bola voli. Mengetahui nama-nama posisi pemain bola voli ini juga cukup penting bagi mereka yang ingin mendalami permainan bola voli. Tanpa banyak pengantar lagi, mari kita mengenal macam-macam posisi pemain bola voli.

Posisi Pemain Bola Voli dan Tugasnya

Gambar Posisi Pemain Bola Voli

Berdasarkan gambar posisi pemain bola voli diatas, dapat dijelaskan bahwa ada 6 posisi pemain. Adapun nama-nama dari setiap pemain tersebut adalah :

  1. Server
  2. Spiker/smasher
  3. Tosser/set-upper
  4. Spiker/smasher
  5. Defender/libero
  6. Defender/libero

Untuk penjelasan nama-nama posisi pemain bola voli tersebut, berikut perhatikan penjelasan dibawah ini :

Server

Posisi Server dalam permainan bola voli adalah posisi pemain yang bertugas untuk melakukan servis. Setelah melakukan servis pemain ini juga akan bertugas sebagai defender/libero.

Adapun pengertian Servis sendiri dalam permainan bola voli ialah penyajian bola pertama saat permainan dimulai.

posisi server dalam permainan bola voli

Spiker atau Smasher

Adapun posisi spiker atau smasher ini berada di samping tosser. Posisinya berada di depan, spiker ini memiliki tugas yang sama seperti tosser yaitu melakukan blok bola atau membendung bola dari serangan lawan.
Tapi selain tugas yang sama dengan tosser, sesuai dengan namanya, smasher juga memiliki tugas inti untuk melakukan serangan ke arah tim lawan untuk mendapatkan poin dengan melakukan smash.

Smash adalah pukulan keras yang dilakukan oleh pemain dengan tujuan pemain lawan tidak dapat menerima bola dan bola jatuh ke daerah lawan.
Jadi di posisi spiker, pemain ini memiliki tugas ganda yaitu sebagai pertahanan sekaligus penyerang.

posisi Spiker atau Smasher

Tosser atau set-upper

Tugas pemain dalam posisi tosser atau set-upper ini adalah untuk mengatur serangan yang dilakukan oleh tim. Jadi yang berhak menentukan dan memberi komando untuk melakukan serangan adalah tosser.

Untuk menduduki posisi tosser, pemain harus dapat memberikan umpan yang baik kepada temannya. Jika umpan yang diberikan baik maka serangan yang akan dilakukan oleh teman akan baik dan juga ampuh

posisi pemain tosser atau set-upper dalam permainan bola voli

Defeder/libero

Posisi terakhir dalam permainan bola voli adalah defender atau libero. Diposisi permainan bola voli, libero bertugas untuk menahan dan menerima serangan dari musuh.

Namun, selain tugas itu posisi libero juga berkewajiban untuk menerima bola pertama untuk diberikan kepada tosser.

Pemain yang menempati posisi libero harus benar-benar menguasai passing atas dan passing bawah. Posisi liberi bebas keluar masuk tetapi tidak boleh membantu blocking ataupun melakukan smash.

 defender atau libero

Demikian Sahabat olahraga, macam-macam posisi pemain bola voli beserta tugasnya. semoga bermanfaat.

Loading...

Tinggalkan komentar