Berat Lontar Martil Putra dan Putri

Berat Lontar Martil Putra dan Putri

Berat Lontar Martil Putra dan Putri | Olahraga.Biz.Id – Pada kesempatan yang lalu kita sudah mengenal sejarah lontar martil. Selain itu peraturan lontar martilUkuran lapangan lontar martil serta teknik lontar martil.

Pada kesempatan ini, kita akan mengulas kembali mengenai seberapa beratkah lontar martil? baik itu bagi atlet putra maupun putri yang sebenarnya sudah dibahas pada artikel peraturan lontar martil.

Pada kesempatan ini kita akan mengulas kembali pelajaran mengenai berat lontar martil. Hal ini bertujuan untuk lebih mudah dalam pencarian. Sehingga tentu saja agar Sobat olahraga lebih mengetahui lagi berapa berat lontar martil putra dan putri tersebut.

Berat Lontar Martil Putra dan Putri

Bentuk dan Bagian Martil pada olahraga lontar martil

Pada dasarnya martil yang digunakan dalam olahraga lontar martil terdiri dari 3 bagian. Terdiri dari bagian utama yaitu kepala, kawat dan handle / pegangan.

Kepala lontar martil terbuat dari besi padat. Adapun berbentuknya seperti bola dengan titik berat gravitasi tidak lebih dari 6 mm dari titik pusat bola.

Bentul martil pada olahraga lontar martil

Berat Lontar Martil untuk Pria

Pada dasarnya bentuk lontar martil tidak memiliki perbedaan antara pria dan wanita. Namun tentu saja yang membedakan adalah beratnya. Lontar martil yang digunakan oleh atlet pria akan lebih berat dari martil yang digunakan oleh atlet wanita.

Adapun martil yang digunakan pada kategori putra (digunakan oleh atlet putra) memiliki berat 16 lb atau 7,26 kg. Memiliki ukuran diameter 110 – 130 mm. sedangkan panjang kawat adalah 3 feet 11 3⁄4 inches (121,3 cm)

Berat Lontar Martil untuk Wanita

Martil yang dipergunakan pada event rontal martil pada kategori putri (digunakan oleh atlet putri), memiliki berat 8,82 lb (4 kg). Memiliki diameter 95 – 110 mm. Adapun panjang kawatnya adalah  3 ft 11 in (119,4 cm) 

Seperti nomor lemparan lain pada olahraga atletik, pemenang pada lontar martil ditentukan berdasarkan jauhnya hasil lemparan. Namun demikian beberapa hal yang harus diperhatikan oleh atlet lontar martil adalah mengenai peraturan lontar martil. Karena bisa jadi ketika lemparan yang dihasilkan memiliki jarak yang terjauh, tapi jika melanggar aturan yang ada maka akan didiskualifikasi.

berat lontar martil

Demikian Sobat Olahraga, kesimpulannya bahwa tidak hanya berat lontar martil yang berbeda. Namun diameter martil dan panjang kawat pada martil yang digunakan sangat berbeda antara atlet pria dan wanita.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat, dan sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

Loading...

Tinggalkan komentar